Cara Memperbaiki Accu Soak/Mati Pake Edta

|| || || Leave a Comment

13520754021820909782

Anda sering bepergian menggunakan kendaraan Bermotor
Ada baiknya sebelum berangkat anda mengecek dulu kendaraan anda, cara yang mudah yang bisa dilihat dengan kasat mata seperti kondisi ban, lampu-lampu, kekuatan Accu/aki dll. hal ini untuk menghindari hal-hal yag tidak diinginkan juga untuk kenyamanan dan keamanan selama berkendara.
Accu/aki, benda yang satu ini perlu perhatian lebih, rawatlah hingga dapat digunakan selama mungkin, ceklah keadaan air aki sebulan sekali jika terlihat kurang segera tambah dengan air yang botolnya ditandai dengan tutup berwarna biru.
Bagaimana jika accu sudah terlanjur soak atau lemah hal ini bisa terjadi karena beberapa sebab diantaranya kurangnya perawatan atau karena memang usia pakai aki tersebut memang sudah seharusnya diganti dengan yang baru.
Berikut 3 (tiga) cara megatasi keadaan aki yang lemah/soak, yakni :
I. Dengan air panas
II. Dengan bubuk EDTA
III. Dengan Kertas Merah
Ketiga cara diatas dapat saya jelaskan sebagai berikut :
I. Dengan Air Panas
  1. Rebus 3 (tiga) liter air sampai mendidih, jika sudah mendidih diamkan sekira 30 menit untuk menghindari panas air yang berlebihan.

  2. Buka semua tutup cairan aki, biasanya aki mobil dengan 6 penutup (12 Volt) kemudian buang semua airnya. Hati-hati jangan sampai kena kulit, karena air aki tersebut bisa menyebabkan gatal.

  3. Jika sudah terkuras habis, masukan air yang panas tadi. Isi sebagian saja, lalu tutup semua lubangnya kembali dengan penutup semula.

  4. Goyang/kocok aki tersebut hingga air yang ada didalamnya berubah warna menjadi hitam.
    Tujuan dari pengocokan aki tersebut adalah untuk membuang hasil sisa reaksi yang menempel di element aki. Disamping itu, pemberian air panas tersebut berfungsi juga untuk menghidupkan kembali element yang sudah mati.

  5. Jika air yang ada didalam aki sudah terlalu hitam dan pekat, anda bisa membungnya dulu, kemudian ulangi lagi dari langkah 3.

  6. Ulangi terus sampai air yang ada didalam aki bersih, pengalaman saya 6 (enam ) kali baru bersih.

  7. Jika sudah bersih, berikutnya anda bisa memasukan air aki jenis Zuur dan aki siap digunakan (supaya lebih optimal diamkan sekira 4-6 jam baru dipakai untuk starter mobil.
Pengalaman saya menggunakan cara ini hasilnya accu/aki hanya bisa dipakai 2 (dua) hari saja, selanjutnya jika terpaksa harus jalan maka mobil harus didorong.
II. Dengan Bubuk EDTA
Cara kedua menggunakan bubuk Tetrasodium EDTA dengan kode : Na4-EDTA. 
Bubuk ini dapat dibeli di toko-toko yang menjual alat-alat kimia, saya mendapatkan bubuk ini dengan harga Rp.70.000.- per kg.
Bubuk EDTA berfungsi sebagai ‘vitamin’ untuk meningkatkan / menguatkan elemen-elemen yang ada dalam accu/aki.
Pengalaman saya sendiri menggunakan bubuk EDTA ini lumayan membantu, mobil bisa dipakai selama 1 (satu) hari, setelah itu aki kembali soak bahkan lebih parah, jangankan untuk star mobil, untuk menyalakan lampu saja tidak mampu.
III. Dengan Kertas Merah
Dibanding cara pertama dan kedua , cara ketiga ini merupakan cara yang paling mudah dan praktis hasilnya juga sangat memuaskan. Saya menyarankan sebaiknya anda menggunakan cara ini saja supaya lebih hemat waktu dan tidak ragu mobil akan mogok dijalan, pengalaman saya menggunakan ketiga cara ini, cara menggunakan kertas merah adalah cara yang paling jitu
Untuk meggunakan cara ini ikuti langkah berikut : 
1. Catat nomor seri yang ada di accu mobil anda diantara teriminal negative (-) dan terminal Positif (+), Misalnya : 36B19R hati-hati jangan sampai salah karena jika Nomor seri bukan R melainkan L maka perlakuannya akan berbeda pada waktu pemasangan.
2. Ambil kertas merah sebanyak 5 ( lima) helai.
3. Serahkan saja kepada petugas kemudian tunggu proses kurang-lebih 30 menit.
4. Langkah terakhir coba anda hidupkan mobil, pengalaman saya mobil akan hidup dengan prima, klakson bersuara lantang demikian juga audio dan lampu-lampu.
Dengan menggunakan kertas merah dijamain anda tidak akan kecewa da tidak akan khawatir mobil akan mogok dijalan.
Selamat mencoba…….
 Trimakasih Atas Kunjungannya. Untuk melihat artikel aslinya Klik Disini
/[ 0 Comment Untuk Artikel Cara Memperbaiki Accu Soak/Mati Pake Edta]\

Posting Komentar

SILAHKAN BERKOMENTAR. TRIMAKASIH