OPPO FIND 5

|| || || 14 Comment
Kali ini admin akan membahas tentang gadget dari vendor pendatang yaitu OPPO FIND 5.
android yang katanya lebih cepat dari NEXUS 4 ini sebelumnya terkenal dengan produk pemutar cakram blueray.
pada awal 2013, OPPO telah membuka kantor perwakilannya di indonesia, vendor ini kelihatannya serius dalam pertarungan di medan perang smartphone android. OPPO mengandalkan produknya yaitu  OPPO FIND 5 yang telah mengenakan layar 5 inch berteknologi FULL HD.
OPPO mengklaim produknya tersebut termasuk jajaran ponsel premium dengan harga terjangkau di kelasnya.
 untuk mengetahui apakah  OPPO FIND 5 termasuk jajaran ponsel premium, simaklah sedikt review  OPPO FIND 5 dibawah ini:

Desain

OPPO FIND 5 hadir dengan perpaduan warna putih dan hitam. Tepi layar diberi warna hitam pekat, sedangkan warna putih menyelimuti bagian belakang dan bagian depan bawah. desain OPPO FIND 5 terasa kokoh dan padat, meskipun memakai material plastik di bagian belakang dan samping.

Bobotnya bisa dibilang berat untuk ukuran smartphone yang beredar saat ini, sekitar 165 gram. Meski demikian,OPPO FIND 5 tampil ramping dengan ketebalan 165 gram.

OPPO memperhatikan sisi penampilan OPPO FIND 5  Ia tampil indah dengan konsep minimalis tanpa tombol fisik di depan. Tombol fisik yang ada di ponsel ini hanyalah tombol pengatur volume di sisi kanan dan tombol daya di sisi kiri. Di atas tombol daya ada ruang untuk kartu SIM.

Di sisi atas ada konektor audio 3,5mm dan di bagian bawah ada konektor MicroUSB serta mikrofon. DI bagian belakang terdapat logo OPPO berwarna abu juga kamera dan LED flash. Panel belakang Find 5 tak bisa dibuka, sehingga Anda tak bisa membuka-pasang baterai seperti produk ponsel Samsung.


Layar

OPPO FIND 5 memiliki layar seluas 5 inci yang mendukung resolusi 1.920 x 1.080 pixel dan ketajaman 441pixel per inci (ppi). Layar ini telah dilapisi kaca anti gores dan anti pecah Gorilla Glass.

kualitas layar  OPPO FIND 5 yang mereproduksi ketajaman warna dengan baik. Kualitasnya terlihat saat memainkan video beresolusi tinggi. Anda tinggal mengunduh aplikasi pemutar multimedia yang bisa memainkan berbagai format video untuk menikmati ketajaman layar OPPO FIND 5.

Ketika berada di bawah sinar matahari terik, ikon maupun teks yang ada di layar OPPO FIND 5 masih bisa dilihat dengan jelas.

Jenis layar yang dipakai adalah IPS LCD. Seperti layar LCD di ponsel pada umumnya, kontras dan saturasi warna pada layar OPPO FIND 5 terbilang tinggi. Jika kecerahan layar diatur pada tingkat tertinggi, ia agak membuat mata sakit. Anda harus mengatur kecerahan agar mata terasa nyaman saat memandang layar OPPO FIND 5.

Tampilan antarmuka

OPPO melakukan kostumisasi tampilan antarmuka Android, karena Google memang membebaskan hal itu. Tampilan default  OPPO FIND 5 kurang terlihat keren. menurut saya, tampilan ini kaku dan mempersempit ruang. Ikon aplikasi didesain sangat besar dan semuanya berbentuk kotak.

Ini mungkin strategi OPPO untuk membuat produknya terlihat berbeda. Tapi Anda bisa lihat, satu halaman hanya menampilkan 16 ikon aplikasi dan menu. Anda harus menggeser layar ke kanan atau kiri untuk mencari aplikasi yang ingin dibuka.

OPPO memberi pilihan kepada Anda yang ingin mengubah tampilan antarmuka Android pada OPPO FIND 5 . Anda tinggal masuk ke menu NearMe Themes, lalu pilih tampilan yang sesuai dengan selera. Ada beberapa tampilan yang lebih modern. Tetapi ukuran ikon dan aplikasinya tetap besar dan masih terpaku dalam bentuk kotak-kotak.

Kostumisasi tampilan yang dilakukan OPPO pada OPPO FIND 5 membuat proses navigasi agak kurang mulus. Rasanya, seperti ada yang mengganjal ketika Anda menggeser layar ke kiri atau kanan. Begitu juga saat membuka aplikasi browser bawaan, terasa ada yang mengganjal ketika ingin berpindah tab. saya lebih memeilih memakai google chrome yang ada di dalamnya

Performa

Setelah melakukan update firmware, performa OPPO FIND 5 jauh lebih stabil. Ponsel ini menggunakan sistem operasi Android 4.1 (Jelly Bean).

Untuk membuka-tutup aplikasi atau sekedar berpindah aplikasi, ia memang terasa gegas. Namun, seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya, kustomisasi tampilan antarmuka Android yang dilakukan OPPOpada OPPO FIND 5  membuat navigasi kurang mulus. Seperti ada sesuatu yang mengganjal ketika Anda menggeser halaman ke kiri atau kanan.

Performa OPPO FIND 5 ditopang oleh prosesor quad-core Qualcomm MDM9215M / APQ8064 1,5GHz  dan RAM 2GB. Dua komponen inilah yang berperan besar menjamin kelancaran navigasi. Memori internal yang disediakan 16GB tanpa tambahan slot MicroSD.

ketika diuji performa OPPO FIND 5 dengan aplikasi penguji kinerja Antutu. Hasilnya, Oppo Find 5 mencetak skor 19744 di Antutu. Secara keseluruhan, performa Find 5 patut diacungi jempol.

Benchmark Oppo Find 5 dengan Antutu copy 

Dalam catatan bar chart Antutu, performa Find 5 berada di bawah Samsung Galaxy S4. Namun, ia lebih baik dari LG Nexus 4, Samsung Galaxy Note II, Galaxy S III, dan HTC One X+.

Dibekali spesifikasi hardware tingkat tinggi, OPPO FIND 5 mampu diajak memainkan game kelas berat. Dengan unit pemproses grafis Adreno 320, OPPO FIND 5 bisa melayani dengan mulus. Anda tinggal pilih game berat macam apa yang ingin dimainkan.

Baterai

pada saat pertama admin memakai OPPO FIND 5, baterainya terasa cepat habis. Setelah melakukan update firmware, barulah baterainya terasa lebih awet. Kapasitas baterai OPPO FIND 5 adalah 2.500mAh.

Secara keseluruhan, performa baterai OPPO FIND 5 terbilang boros. Hal ini memang dialami hampir semua smartphone Android yang memakai layanan data untuk menerima email, berselancar internet, dan beraktivitas di jejaring sosial.

Untuk menghemat daya baterai, pastikan Anda menghentikan aplikasi yang berjalan di latar belakang, terlebih aplikasi yang mengkonsumsi data dalam volume besar.

Kamera

OPPO FIND 5 dibekali kamera utama bersensor 13MP dengan lampu flash LED dan kamera depan 1,9MP. dalam hal fotografi, kameranya dapat menangkap gambar dengan cepat.

Aplikasi kamera menawarkan pilihan aspek rasio 4:3 atau 16:9 hingga tingkat 13MP. Ada pula fitur timer selama 5 detik, pendeteksi wajah dan lokasi. Anda juga bisa mengambil foto beresolusi tinggi maupun panorama.

Kamera Find 5 juga bisa digunakan untuk mengambil gambar dalam jumlah banyak hanya dengan menahan jari di tombol rana. Dalam satu detik, ia dapat mengambil sekitar 4 sampai 5 foto. Modus seperti ini biasa disebut Burst. Ini sangat berguna untuk menangkap momen penting yang biasanya terjadi sangat cepat.

Hasil foto dari modus Burst semuanya masuk ke folder Galeri/Photos. Sayangnya, OPPO FIND 5 tidak menyediakan fitur yang memberi rekomendasi foto terbaik dari bidikan modus Burst, seperti yang ada di HTC One X. Anda harus memilih sendiri foto terbaik dan menghapus foto-foto yang hasilnya kurang baik.

Sementara untuk merekam video, Anda bisa mengambil gambar bergerak dengan resolusi standard definition (SD) 480p dan high definition (HD) 720p sampai 1080p. Kualitas video hasil rekaman OPPO FIND 5 bisa dibilang bagus.

Berikut adalah foto hasil jepretan OPPO FIND 5:

Foto siang hari outdoor

Oppo Find 5- Foto di luar ruangan


 

Foto indoor dengan cahaya cukup

Oppo Find 5 - Foto di dalam ruang dengan cahaya cukup

Foto malam hari outdoor dengan cahaya cukup

Oppo Find 5 - Foto pada malam hari di luar ruangan dengan cahaya cukup

Foto malam hari outdoor dengan cahaya cukup dan bantuan lampu flash LED




Kesimpulan


OPPO FIND 5 adalah ponsel yang bagus dari sisi konstruksi dan desain. Kualitas layar dan performanya juga patut diacungi jempol. Mata Anda akan dimanjakan ketika menikmati video definisi tinggi dan game dengan grafis 3D. Kualitas foto dan video dari kamera juga terbilang bagus.

admin kurang menyukai tampilan antarmuka Android yang dikostumisasi oleh OPPO. Hal ini membuat tampilan OPPO FIND 5 menjadi kaku dan terpaku pada tampilan ikon yang serba kotak. Kustomisasi ini juga membuat navigasi di OPPO FIND 5 menjadi kurang mulus. Rasanya seperti ada yang mengganjal saat Anda berpindah dari satu halaman ke halaman lain, atau saat berpindah tab dari aplikasi browser internet.

Kekurangan lain terletak di sisi baterai yang cepat habis. Yang satu ini bisa dimaklumi karena sudah jadi "penyakit umum" smartphone Android. Pastikan Anda mematikan aplikasi yang berjalan di latar belakang.

OPPO nampak serius bertarung dalam medan perang smartphone Android, jika dilihat dari caranya mengembangkan teknologi dan menjalin kerjasama dengan distributor lokal. Produsen ini juga memberi garansi produk selama 2 tahun.

Satu hal yang perlu Anda perhatikan, yaitu soal layanan purna jual, termasuk klaim garansi dan kerusakan. Sepatutnya Anda mendapat layanan purna jual yang baik, sebagai bentuk tanggung jawab produsen terhadap konsumen. OPPO mengatakan telah membangun service center di kawasan Roxy, Jakarta Barat. Di tahun 2013, mereka janji akan membangun 16 service center, termasuk di Semarang, Surabaya, Medan, dan kota lainnya. Kita nantikan janji itu!

Spesifikasi lengkap OPPO FIND 5
Prosesor Qualcomm Snapdragon MDM9215M / APQ8064 Quad-core 1,5GHz Krait
RAM 2GB
Unit pemroses grafis Adreno 320
Memori internal 16GB
Sistem operasi Android 4.1 (Jelly Bean)
Layar 5 inci jenis IPS LCD
Resolusi layar 1.920 x 1.080 pixel
Ketajaman layar 441 pixel per inci (ppi)
Kamera 13MP dengan LED flash
Kamera depan 1,9MP
Baterai 2.500mAh
Konektivitas GPRS, EDGE, HSPA, 3G, Bluetooth, WiFi, NFC, DLNA, WiFi Hotspot, MicroUSB, MicroSIM, konektor audio 3,5mm
Bobot 165 gram
Dimensi 141,8 x 68,8 x 8,9mm
Harga Rp 5.499.000
/[ 14 Comment Untuk Artikel OPPO FIND 5]\
Anonim mengatakan...

We're a bunch of volunteers and starting a brand new scheme in our community.
Your web site offered us with valuable information to work on. You
have performed an impressive activity and our whole neighborhood
will likely be grateful to you.

Here is my page minecraft games free

Anonim mengatakan...

Way cool! Some extremely valid points! I appreciate you penning
this write-up plus the rest of the site is very good.

my site; quest protein bars

Anonim mengatakan...

You can certainly see your enthusiasm in the work you write.
The sector hopes for even more passionate writers such
as you who are not afraid to say how they believe.
All the time go after your heart.

Here is my page quest bars

Anonim mengatakan...

Awesome! Its in fact amazing article, I have got
much clear idea about from this piece of writing.


Visit my web-site :: nutrition bars

Anonim mengatakan...

you are really a good webmaster. The website loading velocity is incredible.
It kind of feels that you're doing any distinctive trick.

Also, The contents are masterwork. you've performed a great
process on this topic!

My web blog: Diet plans for women to lose weight

Anonim mengatakan...

Great post. I used to be checking continuously this blog and I am inspired!
Extremely useful information specifically the closing phase :) I deal with such
information a lot. I was looking for this certain information for a very lengthy time.
Thank you and good luck. quest bars (silverdragonsden.com) blogesaurus

Anonim mengatakan...

Hey I know this is off topic but I was wondering if you knew of any
widgets I could add to my blog that automatically tweet
my newest twitter updates. I've been looking for a plug-in like this for quite some time and was hoping maybe
you would have some experience with something like this.
Please let me know if you run into anything. I truly enjoy reading your blog and I look forward to your new updates.


My blog ... Where To Buy Individual Quest Bars

Anonim mengatakan...

Great article. Quest Bars blogesaurus

Have a look at my web-site ... quest protein bars

Anonim mengatakan...

Terrific article! That is the type of information that are meant
to be shared around the internet. Disgrace on Google for not positioning this publish upper!
Come on over and consult with my site . Thank you =)

Feel free to visit my web blog :: Facebook quest Nutrition Protein bars

Anonim mengatakan...

I do not know if it's just me or if everybody else encountering issues with your blog.
It seems like some of the text within your content are running
off the screen. Can somebody else please comment and let me know if this is happening to them as
well? This may be a issue with my web browser because I've had this
happen previously. Many thanks

Also visit my web blog - quest protein bars - www.facebook.com
-

Anonim mengatakan...

Everyone loves what you guys are usually up too. Such clever work
and reporting! Keep up the awesome works guys I've you guys to my personal blogroll.


Check out my webpage :: Where Do You Get Quest Bars

Anonim mengatakan...

always i used to read smaller articles which also clear their motive, and that is also happening with this post which I am
reading now.

Feel free to visit my blog post; Diet Plans for Women to Lose Weight

Anonim mengatakan...

Pretty! This has been a really wonderful article.
Thanks for providing this information.

Also visit my web blog - coconut oil hair

Anonim mengatakan...

Thank you for any other informative blog.
The place else could I get that type of info written in such an ideal manner?

I've a mission that I am just now running on, and I have been at the
glance out for such info.

My web site ... best dating sites

Posting Komentar

SILAHKAN BERKOMENTAR. TRIMAKASIH